Informasi Lengkap Seputar Wisata Pantai Selatan Jawa Barat

Pantai Santolo garut yang Bersih dan Eksotis

by ani suryani , at 06.42 , has 0 komentar
Santolo merupakan sebuah pantai yang berada di Garut selatan dengan ketinggian pantainya 0-200 meter diatas permukaan air laut yang memiliki perairan yang berwarna biru dengan bau yang normal dan temperatur juga normal. Ketinggian gelombangnya mencapai 1,5 meter dengan material dasar lautnya yang berupa pasir perpaduan putih dengan hitam yang terlihat halus, hamparan batu karang dan pasir kasar termasuk di sepanjang garis pantai. Kemiringan lautnya landai serta banyak ditumbuhi oleh rumput laut dan gangga hijau sebagai flora yang dominannya.Stabilitas pantainya cukup baik karena memiliki tingkat abrasi yang rendah. Adapun yang menjadi flora dominan yang tumbuh di tepi pantainya ialah pohon bakau dan pohon ketapang. Kualitas lingkungan pantai ini cukup baik dan hampir tidak memiliki pencemaran ini di sebabkan karena belum terlalu banyak pengunjung yang datang kesini,pantai ini terdapat sebuah dermaga tua yang merupakan peninggalan jaman konolonial belanda yang di jadikan tempat berlabuhnya kapal kapal belanda mengakut hasil bumi kita,namun kini dermaga tersebut berubah pungsi menjadi tempat wisata yang jadi dayatarik pantai santolo. Ada 3 sifat kegiatan pariwisata yang dapat dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini, yaitu yang bersifat aktif hiking , tracking dan mincing serta ada kegiatan yang bersifat pasif yaitu menikmati pemandangan.
Area pantai ini memiliki banyak akomodasi penginepan diantaranya penginepan amboina, penginepan citra agung, penginepan karangasri,selain penginepan di pantai santolo juga terdapat banyak kios- kios dengan kondisi baik yang menjual minuman dan makanan ringan serta menjual cendarmata khas santolo, dan sebuah tempat parkir seluas 3 hektar yang dapat menampung 100 bus, kondisinya masih dalam pembangunan dengan lapisan permukaan tanah dan vegetasi peneduh memadai.Pantai Santolo berada di Kecamatan Cikelet , Garut, Jawa Barat-Indonesia.santolo merupakan sebuah pulau kecil yang keberadaannya di kelilingi oleh sebuah sungai kecil dengan lebar kurang lebih 30 meter serta kedalaman mencapai 3 sampai 4 meter,untuk mencapai ke pulau santolo pengunjung wajib untuk menyebrangi namun jangan khawatir karena di tempat penyebrangan terdapat jasa antar jemput dengan menggunakan sampan/perahu kecil,dengan biaya Rp.4000 untuk satu orang,namun jika anda ingin menikmatai keindahan alam santolo yang eksotis anda bias mengelilingi pantai dengan menggunakan perahu nalayan dengan Tarif Rp.20.000 untuk satu orang dan dalam waktu 30 menit,ketika anda sedang berada di tengah lautan jika anda melihat kearah utara anda akan di suguhkan pemanandangan yang sangat eksotis ,terlihatnya banyak gunung-gunung serta bukit-bukit kecil yang terlihat hijau,itulah kekayaan garut selatan.
Di santolo terdapat hamparan batu karang yang luas serta setara dengan permukaan air laut,anda bias bermain air dan berenang di tempat ini dengan aman karena baru karang ini di genaingi air laut setinggi kurang lebih sampai lutut dan airnya pun tenang,oh maezing,dan ketika melihat di kejauhan ketempat ini dan di hamparan batu karang itu terdapat banyak orang maka anda akan melihatnya seakan akan orang-orang tersebut berjalan di atas air laut yang dalam,sungguh eksotis.
Selamat Berkunjung ke pantai santolo !
ani suryani
About
Pantai Santolo garut yang Bersih dan Eksotis - written by ani suryani , published at 06.42, categorized as santolo . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Wisata Pantai Selatan by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->