Informasi Lengkap Seputar Wisata Pantai Selatan Jawa Barat

kuliner matalembu di pantai rancabuaya

by ani suryani , at 19.42 , has 0 komentar
Nikmatnya Mata Lembu Dari Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya
Sudahkah anda mengunjungi Pantai Rancabuaya?pantai ini berada di Kampung Riung Gunung, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Dapat ditempuh dalam waktu yang cukup lama dari Kota Garut yaitu sekitar 3,5 jam, karena kondisi jalannya yang berkelok-kelok dan kualitas jalan yang kurang baik.Wisata pantai identik dengan para nelayan tradisional sementara para nelayan identiknya dengan ikan,pada kesempatan ini admin akan suguhkan kuliner yang ada di pantai Rancabuaya diantaranya.
Mata Lembu
Makanan yang mempunyai nama unik ini merupakan kuliner  khas di Pantai Rancabuaya. Makanan ini dapat ditemukan di warung-warung makan yang berada di sepanjang pantai. mata lembu termasuk ke dalam jenis moluska kelas gastropoda yang mempunyai cangkang yang berputar,mata lembu merupakan siput air laut.Mengapa disebut mata lembu? Karena Bentuknya seperti batu mutiara dengan titik hitam yang memudar. Apabila dilihat sekilas, memang tampak seperti mata sapi (lembu). Siput mata lembu ini tidak terdapat di sembarang tempat. Mata lembu hanya dapat ditemukan di wilayah pesisir Pantai Selatan seperti Pantai Rancabuaya,.Keong mata lembu lebih menyukai terumbu yang ditumbuhi tumbuhan laut jenis Sargassum sp.
Untuk mendapatkan mata lembu, pencarian harus dilakukan di malam hari. Karena pada saat gelap, mata lembu banyak keluar dari laut dan karang menuju bibir pantai. Saat terdampar inilah, mata lembu mudah dicari. Mata lembu ini biasanya dijual dengan harga Rp 25.000 per kg.
Cara masak dan Penyajian Mata Lembu
Mata lembu disajikan dengan cara mudah dan sederhana, hanya direbus air panas dengan sedikit garam dan kemudian dicelupkan ke dalam saus tomat atau saus sambal. Namun meski dimasak secara sederhana, mengolah mata lembu ini memerlukan keahlian karena di dalam mata lembu terdapat racun yang harus dihilangkan terlebih dahulu. Karena apabila racunnya tidak dibuang, dapat membuat kepala pusing.Cara memakannya, buka dengan menghentakan cangkang siput sampai keluar seluruh isinya. Buang penutupnya yang sangat keras, lalu buang racunnya. Rasanya? Kenyal dan gurih.

Seperti hewan laut lainnya, siput laut mengandung protein yang sangat tinggi. Inilah yang membuat rasanya menjadi gurih. Selain itu, kandungan asam lemak esensial, mineral dan vitamin yang tinggi, menjadikan mata lembu sebagai makanan yang sangat dianjurkan untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit.












ani suryani
About
kuliner matalembu di pantai rancabuaya - written by ani suryani , published at 19.42, categorized as Kuliner ps . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Wisata Pantai Selatan by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->