Informasi Lengkap Seputar Wisata Pantai Selatan Jawa Barat

rancabuaya yang indah nan eksotis

by ani suryani , at 05.14 , has 0 komentar
Pantai Rancabuaya merupakan Wisata Pantai Garut Selatan yang elok dan indah,Rancabuaya nama sebuah pantai wisata yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Lokasinya berada di pesisir selatan Garut, terletak di antara kecamatan Cidaun-cianjur dan  kecamatan caringin-Santolo di Pameungpeuk.
Di pantai  ini Dalang Kondang al-marhum Asep Sunandar Sunarya sering membuat hajatan laut setiap tahunnya,dalam rangka  pesta laut(hajat para nelayan)sebagai tradisi ritual persembahan atas nikmat  Ribuan masyarakat dan nelayan di pesisir pantai Ranca Buaya Garut selatan memenuhi pantai guna menyaksikan prosesi pesta laut yang di gelar setiap tahun. Prosesi pesta laut melarang berbagai sesajen di maksudkan agar pendapatan nelayan khususnya dalam menangkap ikan berlimpah.Pesta Laut Rancabuaya biasanya dilaksanakan  pada setiap Bulan Maret, Puluhan ribu pengunjung itu, berdatangan dari sekurangnya delapan wilayah kecamatan lainnya di sepanjang 83 kilometer pesisir pantai Gasela, juga wisatawan domestik dari Garut, Bandung, Bekasi dan Jakarta.
Salah satu diantara banyak fasilitas vila yang tersedia, tidak perlu bingung mau nginep dimana, di kawasan pantai Rancabuaya ini terdapat banyak fasilitas penginapan, dari yang sederhana sampai bangunan baru yang kualitas lebih baik. Banyak tersedia juga tempat duduk santai dan gazebo untuk menikmati kawasan pantai yang indah dan terawat ini.selain itu Pantai Rancabuaya memiliki potensi yang luar biasa untuk dijadikan tujuan wiwatan, namun Pantai Rancabuaya memang kurang di promosi sehingga kurang begitu terkenal.Tempat Wisata Pantai Rancabuaya terletak di Daerah Garut Selatan.Pantai ini memiliki batu-batu karang besar dan langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang sangat besar.

Letak geografis  Pantai Rancabuaya Garut
Pantai rancabuaya terletak di  desa purbayani kecamatan ciringin Kabupaten garut, Jawa barat. Jarak kawasan Rancabuaya dari Ibu Bandung adalah 167 km, jarak dari Garut Kota adalah 105 km, dan jarak dari Kecamatan Caringin adalah 30 km. sedangkan tranportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke pantai ini adalah dengan menggunakan minibus. Pantai ini memiliki terumbu karang yang cukup besar, bahkan di pantai ini terdapat tebing yang cukup besar.oleh karena itu  yang membuat pantai ini berbeda dari pantai yang lainnya, berbatasan langsung dengan samudra hindia dan memiliki karakter ombak yang besar, rata-rata tinggi gelombang kurang lebih 1 meter  dan material dasar laut berupa pasir putih dan halus, batu karang yang besar, dan pasir kasar termasuk daerah sepanjang garis pantai.
Kemiringan laut landai, serta ditumbuhi rumput laut dan gang gang hijau sebagai flora laut dominan. Sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan tuna,ikan kakap dan ikan karang,dan Yang membuat pantai ini tampil eksotis adalah air terjun yang menghadap ke pantai, pemandangan yang luar biasa. Pengunjung juga bisa melihat ikan kecil yang berada di sela-sela karang yang terbawa arus.
Fasilitas Pantai Rancabuaya Garut
Pantai rancabuaya memiliki pasir putih yang halud dan bersih, memiliki tingkat abrasi yang kecil. Wilayah sekitar pantai juga di tumbuhi oleh pohon ketapang,pandan dan kelapa. Luas pantai ini mencapai 1.525 ha. Sehingga para Pengunjung bisa melakukan banyak aktifitas wisata, salah satunya hiking atau tracking, fasilitas lainnya adalah sebagai berikut 
  1.  Lesehan khas pantai yang ada di pesisir pantai yang jumlahnya bisa terbilang banyak.
   2. Akses jalan yang lebar dan mudah.
    3.vila-vila yang bisa disewa
  4.  lahan untuk parkir kendaraan yang cukup luas dan aman.
   5. Saung-saung wisata yang disewakan


ani suryani
About
rancabuaya yang indah nan eksotis - written by ani suryani , published at 05.14, categorized as berita . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Wisata Pantai Selatan by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->